Disusun oleh : Fardhela putri

Disusun oleh : Fardhela putri - Description

Agus Fiyani. Syahrul Mubarok. Ervan Nur Septian Adi. Zaman Logam . Nama zaman logam digunakan untuk menyatakan bahwa saat itu logam telah dikenal dan dipergunakan orang untuk membuat alat-alat yang diperlukan.. ID: 792970 Download

0K - views

Disusun oleh : Fardhela putri

Agus Fiyani. Syahrul Mubarok. Ervan Nur Septian Adi. Zaman Logam . Nama zaman logam digunakan untuk menyatakan bahwa saat itu logam telah dikenal dan dipergunakan orang untuk membuat alat-alat yang diperlukan..

Similar presentations


Download

Disusun oleh : Fardhela putri




Download - The PPT/PDF document "Disusun oleh : Fardhela putri" is the property of its rightful owner. Permission is granted to download and print the materials on this web site for personal, non-commercial use only, and to display it on your personal computer provided you do not modify the materials and that you retain all copyright notices contained in the materials. By downloading content from our website, you accept the terms of this agreement.



Presentation on theme: "Disusun oleh : Fardhela putri"— Presentation transcript:

Slide1

Disusun oleh :Fardhela putri Agus FiyaniSyahrul MubarokErvan Nur Septian Adi

Zaman Logam

Slide2

Nama zaman logam digunakan untuk menyatakan bahwa saat itu logam telah dikenal dan dipergunakan orang untuk membuat alat-alat yang diperlukan.Dari zaman-zaman prasejarah, dapat ketahui bahwa zaman logam dibagi lagi atas zaman tembaga, perunggu dan besi.

Asia Tenggara tidak mengenal zaman tembaga

Zaman Logam

Slide3

Zaman Perunggu

Zaman Perunggu adalah masalah dalam perkembangan sebuah

peradaban

ketika kerajinan logam yang paling maju telah mengembangkan teknik melebur tembaga dari hasil bumi dan membuat perunggu.

Zaman perunggu berlangsung kurang lebih 500 tahun SM.Perunggu merupakan campuran timah putih dan tembaga.

Slide4

Pada zaman perunggu atau yang disebut juga dengan kebudayaan Dongson-Tonkin Cina (pusat kebudayaan)ini manusia purba sudah dapat mencampur tembaga dengan timah dengan perbandingan 3 : 10 sehingga diperoleh logam yang lebih keras.Alat-alat perunggu pada zaman ini antara lain ;

Kapak Corong (Kapak perunggu, termasuk golongan alat perkakas) ditemukan di Sumatera Selatan, Jawa-Bali, Sulawesi, Kepulauan Selayar, Irian.

Slide5

b. Nekara Perunggu (Moko) sejenis dandang yang digunakan sebagai maskawin. Ditemukan di Sumatera, Jawa-Bali, Sumbawa, Roti, Selayar, Leti. Gambar Moko :

c. Bejana Perunggu ditemukan di Madura dan Sumatera.

Gambar Bejana Perungu :

Slide6

Arca Perunggu ditemukan di Bang-kinang (Riau), Lumajang (Jawa Timur) dan Bogor (Jawa Barat.

e. Candrasa

Seperti halnya kapak corong, hasil budaya zaman logam yang disebut candrasa ini juga digunakan sebagai alat upacara.

f. Perhiasan

Jenis perhiasan dari perunggu yang ditemukan sangat beragam bentuknya yaitu seperti kalung, gelang tangan dan kaki, bandul kalung dan cincin.

Slide7

Teknik pembuatan alat-alat perunggu :a cire perdue

caranya adalah membuat bentuk benda yang dikehendaki dengan lilin, setelah membuat model dari lilin maka ditutup dengan menggunakan tanah, dan dibuat lubang dari atas dan bawah. Setelah itu dibakar, sehingga lilin yang terbungkus dengan tanah akan mencair, dan keluar melalui lubang bagian bawah. Untuk selanjutnya melalui lubang bagian atas dimasukkan cairan perunggu, dan apabila sudah dingin, cetakan tersebut dipecah sehingga keluarlah benda yang dikehendaki.

bivalve

  caranya yaitu menggunakan cetakan yang ditangkupkan dan dapat dibuka, sehingga setelah dingin cetakan tersebut dapat dibuka, maka keluarlah benda yang dikehendaki. Cetakan tersebut terbuat dari batu ataupun kayu.

Slide8

Dalam arkeologi, Zaman Besi adalah suatu tahap perkembangan budaya manusia di mana penggunaan besi untuk pembuatan alat dan senjata sangat dominan.Zaman Besi berhubungan dengan suatu tahap di mana produksi besi adalah salah satu bentuk paling rumit dari kerajinan logam. Kekerasan besi, titik lebur yang tinggi, dan sumber bijih besi yang melimpah, membuat besi lebih dipilih dan murah dari pada perunggu, yang memengaruhi dipilihnya besi sebagai logam yang paling umum digunakan.

Alat-alat yang ditemukan pada zaman besi adalah :

· Mata kapak, yang dikaitkan pada tangkai dari kayu, berfungsi untuk membelah kayu · Mata Sabit, digunakan untuk menyabit tumbuh-tumbuhan

· Mata pisau

· Mata pedang · Cangkul, dll . Zaman Besi

Slide9

Kebudayaan Đông sơn adalah kebudayaan zaman perunggu yang berkembang di lembah sông hồng,vietnam. Kebudayaan ini juga berkembang di asia tenggara, termasuk di nusantara dari sekitar 1000 sm sampai 1 sm.Benda-benda arkeologi dari dongson sangat beraneka ragam, dari berbagai aliran. . Terlihat dari artefak-artefak kehidupan sehari-hari ataupun peralatan bersifat ritual yang sangat rumit.

Contoh karya yang terkenal :

Nekara Ngoc Lu Tombak Dong son

Kebudayaan Dongson

Slide10

1. Animisme:  Dalam kepercayaan animisme, manusia mempunyai anggapan bahwa suatu benda memiliki kekuatan supranatural dalam bentuk roh.2.Dinamisme

  Roh atau makhluk halus yang diyakini berasal dari jiwa manusia yang meninggal, kemudian mendiami berbagai tempat, misalnya hutan belantara, lautan luas, gua-gua, sumur dalam, sumber mata air, persimpangan jalan, pohon besar, batu-batu besar, dan lain-lain

3. TotemismeAdanya anggapan bahwa binatang-binatang juga mempunyai roh, itu

disebabkan di antara binatang-binatang itu ada yang lebih kuat dari manusia,

misalnya gajah , harimau, buaya, dan ada pula yang larinya lebih cepat darimanusia.Kepercayaan Masyarakat Zaman Logam

Slide11

1. Mampu membuat alat dari logam2. Masyarakat pada masa perundagian diperkirakan sudah mengenal pembagian kerja.

3. adanya pedagang yang memperjualbelikan logam.

4. sudah mengenal sistem kemasyarakatan yang teratur. Masyarakat hidup diikat oleh norma-norma dan nilai.

5. Dikenalnya penguburan mayat

6.  Food producing7. Tinggal menetap (karena dikenalnya kegiatan bersawah. Sosial Ekonomi Masyarakat pada Zaman Logam